SELAMAT DATANG DI BLOG SHE PT. JHONLIN AGRO MANDIRI !!! SAYA PILIH SELAMAT !!!
Home » » JALAN MEMINTAS TIDAK AMAN

JALAN MEMINTAS TIDAK AMAN



Semua kita ingin menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan sedikit tenaga. Dari tenaga yang kita pergunakan kita ingin menyelesaikan sebanyak-banyaknya. Kadang-kadang hasilnya memuaskan dan mungkin cara yang demikianlah terbaik dalam menyelesaikan sesuatu pekerjaan.
Tetapi sifat menghemat tenaga seperti ini juga mendorong untuk bekerja dengan cara memintas. Semua kita pada suatu waktu pernah membiarkan diri kita kena kecelakaan dengan jalan memintas ini, sedang bila dinantikan sebentar lagi kecelakaan tidak terjadi. Semasa kanak-kanak kita berbuat sedemikian, yaitu melompati pagar bukan melalui pintu.
Jelasnya, cara yang aman bukanlah selalu yang cepat. Kadang-kadang jalan yang aman menghendaki tenaga tambahan sedangkan yang tidak aman kelihatannya mudah sekali. Putusan yang kita ambil bila kita berhadapan dengan keadaan seperti ini adalah tanggung jawab masing-masing. Kadang-kadang kita terbujuk untuk melakukan jalan memintas oleh alasan-alasan yang tidak tepat. Kita yakinkan diri kita bahwa perlu mengambil resiko karena mau lekas selesai dan mungkin sekali terjadi apa-apa.
Ambillah contoh seseorang yang bekerja diatas tangga yang pekerjaannya hampir selesai kecuali sedikit, yang mana dapat dikerjakan dengan menjangkau.
Dia tahu bahwa pekerjaan ini untung-untungan, jadi dia harus mengambil keputusan apakah turun ke bawah dulu dan memindahkan tangga atau mengambil jalan memintas - dia berhasil tanpa kecelakaan atau dia mungkin jatuh dan menderita cedera yang akan merobah seluruh jalan hidupnya atau mati …. Apapun hasilnya, putusannya untuk bekerja untung-untungan adalah bodoh sekali. Untung atau rugi, mempertaruhkan jiwa anda untuk menghemat beberapa menit adalah taruhan yang goblok.

Bila diselidiki sedalam-dalamnya, kebanyakan orang bekerja dengan jalan memintas bukanlah karena menghemat waktu; mereka berbuat demikian karena kalau bekerja dengan aman hanya menyusahkan saja. Seperti menggunakan perkakas yang bukan semestinya, menyusahkan saja mencari yang baik. Seperti memanjat kerangka besi (rebar) karena menyusahkan saja mencari tangga. Atau mengangkat yang terlalu berat, menyusahkan saja meminta pertolongan. Berayun seperti kera, berpegang dengan sebelah tangan untuk melepaskan pemagar coran semen (form) semuanya itu karena menyusahkan saja mencari safety belt dan mengikatkannya.


INGAT - TIDAKLAH ADA “YANG MENYUSAHKAN” BILA ADA HUBUNGANNYA DENGAN KESELAMATAN ANDA.

LOGO & ICON

LOGO & ICON

Informasi Safety

Tetaplah bekerja dengan aman, seseorang yang Anda cintai telah menunggu Anda di rumah.

Informasi Health

Istirahat ketika Anda lelah. Menyegarkan dan memperbaharui diri, tubuh, pikiran, dan semangat Anda. Lalu kembali bekerja.

Informasi Enviro

Hanya ketika pohon terakhir telah mati dan sungai terakhir telah teracuni dan ikan terakhir telah tertangkap akan kita menyadari bahwa kita tidak bisa makan uang.

Arsip Bulanan