SELAMAT DATANG DI BLOG SHE PT. JHONLIN AGRO MANDIRI !!! SAYA PILIH SELAMAT !!!
Home » » Mengatasi Kelelahan Saat Berpuasa Bagi Pekerja

Mengatasi Kelelahan Saat Berpuasa Bagi Pekerja


Kelelahan (fatigue) akan menimpa sebagian besar orang yang menjalankan puasa. Tanda-tanda kelelahan yang sering muncul adalah adanya rasa kantuk yang tidak tertahan di siang hari. Rasa kantuk ini mungkin tidak akan menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh sebagian orang yang sedang di rumah, karena mereka dapat langsung tidur. Namun tidak dengan para pekerja, hal ini akan menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Rasa mengantuk yang terjadi pada pekerja yang menjalankan ibadah puasa, ini dapat saja menjadi potensi mengakibatkan kecelakaan jika tidak diatur secara benar, terlebih jika menimpa pekerja yang mengoperasikan kendaraan seperti truk produksi, mobil kecil, danmobile equipment lainnya. Pengaturan dan pencegahan harus dilakukan untuk menjaga agar produktivitas tidak menurun.
Mengapa Orang Puasa Mengantuk..?
Penyebab orang yang menjalankan puasa rentan mengantuk adalah perubahan pola tidur dan perubahan metabolisme dalam tubuh. Seorang pekerja yang bekerja dari pagi sampai sore hari akan mengalami pola tidur yang berbeda saat malam hari karena harus bangun pada dini hari untuk melakukan makan sahur, hal ini yang mengakibatkan circadian berubah.

Selain perubahan pola tidur, perubahan metabolisme dalam tubuh juga berpengaruh terhadap terjadinya mengantuk pada pekerja yang menjalankan ibadah puasa. Perubahan kadar glukosa dalam tubuh membuat otak sulit untuk berkonsentrasi (otak mengkonsumsi sekitar 60% glukosa dalam tubuh).

Dikutip dari Fitnesspotlight, bahwa saat kadar glukosa dalam otak sudah menurun, maka hati akan membantu mengeluarkan glikogen untuk memberi energi cadangan dan asupan ke otak. Jika kadar energi cadangan dalam tubuh sudah sangat tipis, akan mengakibatkan kadar gula darah menurun yang dapat menyebabkan seseorang merasa lemas dan mengantuk. Selain itu, menurunnya kadar zat besi dalam tubuh juga berpengaruh terhadap rasa kantuk pada pekerja yang menjalankan ibadah puasa.

Tips Pencegahan Agar Tidak Mengantuk di Tempat Kerja
  • Jangan tidur terlalu larut, atur waktu ibadah dan waktu istirahat secara bijak agar tidak mengganggu aktivitas. Selain itu, tubuh akan merespon secara alami perubahan jam tidur ini sehingga tubuh akan menyesuaikan irama pola tidur yang baru.
  • Jangan mengkonsumsi makanan secara berlebihan saat buka puasa dan sahur.
  • Konsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti sayur-sayuran
  • Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek seperti roti gandum, jagung, singkong, beras merah. Ini akan membantu menjaga kadar glukosa bertahan lama dalam tubuh.
  • Jika anda mengoperasikan unit dan rasa kantuk sudah sangat tidak tertahan segeralah melapor ke atasan anda untuk meminta istirahat.
Itulah beberapa penyebab mengapa orang yang puasa rentan mengantuk dan cara menanggulanginya. Menjalankan puasa merupakan kewajiban bagi muslim, tidak ada alasan untuk tidak menjalankannya jika kita masih mampu. Namun, perlu adanya pengaturan secara bijak terhadap waktu istirahat dan pola makan agar tidak mengakibatkan kelelahan, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi saat melakukan aktivitas pekerjaan.
**Selamat Menjalankan Ibadah Puasa**

LOGO & ICON

LOGO & ICON

Informasi Safety

Tetaplah bekerja dengan aman, seseorang yang Anda cintai telah menunggu Anda di rumah.

Informasi Health

Istirahat ketika Anda lelah. Menyegarkan dan memperbaharui diri, tubuh, pikiran, dan semangat Anda. Lalu kembali bekerja.

Informasi Enviro

Hanya ketika pohon terakhir telah mati dan sungai terakhir telah teracuni dan ikan terakhir telah tertangkap akan kita menyadari bahwa kita tidak bisa makan uang.

Arsip Bulanan