SELAMAT DATANG DI BLOG SHE PT. JHONLIN AGRO MANDIRI !!! SAYA PILIH SELAMAT !!!
Home » » PELAKSANAAN KEGIATAN FOGGING DI PT. JHONLIN AGROMANDIRI

PELAKSANAAN KEGIATAN FOGGING DI PT. JHONLIN AGROMANDIRI




















Fogging Untuk Mencegah Penyakit DBD
Di Camp & Kantor PT. Jhonlin Agromandiri

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular dan endemis di Indonesia. Penyakit ini termasuk penyakit yang banyak menimbulkan keresahan di masyarakat karena tingginya angka kesakitan yang ditimbulkan serta kematian dalam waktu yang singkat. Penyakit ini sendiri menyebar luas dan berjangkit di seluruh wilayah provinsi di Indonesia. Oleh karena itu untuk mencegah penyakit ini, diperlukan peran serta masyarakat dalam member jentik/ nyamuk penularannya (AedesAegypti) atau dikenal dengan istilah pemberantasan sarang Nyamuk Demam Berdarah Dangue ( PSN DBD).
Penyebaran penyakit DBD di suatu kawasan harus dikontrol sehingga penyakit tersebut mendapat penanganan yang tepat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengontrol penyebaran penyakit yaitu dengan melakukan pemetaan vektor penyakit tersebut. Belum ditemukannya obat dan vaksin untuk mengatasi penyakit DBD mengakibatkan cara pencegahan melalui pemutusan rantai penularan dengan mengendalikan populasi vektor penyakit menjadi penting.

Salah satu  jalan untuk menurunkan angka insiden penyakit DBD adalah mencegah wabah DBD didasarkan pada pengendalian vektor yaitu dengan fogging, fogging bertujuan untuk membunuh sebagian besar vektor  infektif dengan cepat, sehingga rantai penularan segera dapat diputuskan. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menekan kepadatan vektor selama waktu yang cukup sampai dimana pembawa virus tumbuh sendiri.

Beberapa langkah penting yang harus dilakukan agar pengasapan efektif membasmi nyamuk. Berikut langkah-langkah tersebut.

- Melindungi makanan, minuman, serta peralatan yang kontak langsung dengan mulut. Meski bahan kimia pada pengasapan tak berpengaruh pada manusia, ada baiknya untuk menghindari.

- Menutup semua jendela agar proses pengasapan berjalan maksimal. Setelah di-fogging, jangan segera membuka pintu atau jendela. Tutup pintu dan diamkan selama 30 sampai satu jam hingga asap benar-benar terpencar ke sudut rumah dan nyamuk mati.

- Melakukan proses sederhana sebagai pencegahan dini, yakni dengan 3M - menutup tempat penampungan air, menguras bak mandi, serta mengubur barang-barang bekas-. Ini untuk mengurangi perkembangan jentik nyamuk yang akan tumbuh menjadi nyamuk dewasa. 


Tujuan dilakukannya Penanganan DBD dengan cara Pengasapan ini adalah mengendalikan populasi nyamuk pada tempat – tempat yang memungkinkan berkembangbiaknya Nyamuk Aedes Aegypty khususnya pada tempat – tempat ditemukannya kasus DBD.


LOGO & ICON

LOGO & ICON

Informasi Safety

Tetaplah bekerja dengan aman, seseorang yang Anda cintai telah menunggu Anda di rumah.

Informasi Health

Istirahat ketika Anda lelah. Menyegarkan dan memperbaharui diri, tubuh, pikiran, dan semangat Anda. Lalu kembali bekerja.

Informasi Enviro

Hanya ketika pohon terakhir telah mati dan sungai terakhir telah teracuni dan ikan terakhir telah tertangkap akan kita menyadari bahwa kita tidak bisa makan uang.

Arsip Bulanan