SELAMAT DATANG DI BLOG SHE PT. JHONLIN AGRO MANDIRI !!! SAYA PILIH SELAMAT !!!
Home » » Pre Start Chek

Pre Start Chek


Pemeriksaan Peralatan Harian ( P2H ) / Daily Pre Start Check atau pemeriksaan kendaraan / Alat / peralatan  sebelum operasi adalah pemerikasaan yang dilakukan oleh operator atau pengguna suatu alat dan peralatan sebelum ia mengoperasikannya, karyawan harus memastikan bahwa kendaraan atau peralatan yang akan dioperasikannya layak jalan.

1.    Mengapa Harus dilakukan Pre start Check / Pemeriksaan sebelum operasi ?

Pemeriksaan sebelum operasi / pre start check sangat penting tujuannya adalah untuk mengetahui secara dini atau awal apabila ada bagian – bagian alat / kendaraan yang mengalami kerusakan sehinga dapat dilakukan perbaikan secepatnya dan tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah, dan yang lebih penting adalah keselamatan anda yaitu adanya kerusakan atau kondisi yang tidak standar dari suatu peralatan yang akan mengakibatkan kecelakaan misalnya : Rem yang tidak berfungsi akan mengakibatkan mobil meluncur tanpa kendali. baut ban yang tidak kencang dapat mengakibatkan ban terlepas dari mobil…………dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika hal itu terjadi, ….kecelakaan tidak akan dapat dihindari dan nyawa anda adalah taruhannya………

2.    Kapan P2H / Pre Start Check  dilakukan…….dan bagaimana melakukannya……???

Dari random check yang pernah dilakukan masih ada beberapa karyawan yang melakukan P2H / Pre Start Check  tidak pada awal / sebelum mereka mengoperasikan unit atau paralatan, mereka melakukannya pada saat akir shift , ini adalah pemahaman yang salah dan harus dibenarkan ……pre start check harus dilakukan pada saat alat belum di operasikan…………dan menuliskan hasil pemeriksaanya pada form yang telah tersedia….. ada juga  yang melakukan  pemeriksaan pada awal akan tetapi mereka tidak tidak menuliskan hasil pemeriksaan pada form yang telah tersedia atau menuliskan hasil pemeriksaannya pada akir shift. hal ini pun tidak dapat dibenarkan sebab dokumentasi itu mempunyai arti yang sangat penting,  hal itu merupakan bukti tertulis bahwa suatu prosedur telah dilaksanakan dengan benar. Selain itu juga berfungsi untuk menghindari salah faham antara operator ( Operation Deparment ) dengan mekanik ( Maintenance Depertment ), bukti tertulis ini juga berfungsi untuk keperluan inspeksi atau keperluan audit baik audit atau inpeksi dari Internal atau inspeksi dari Pelaksana Inspektur Tambang, atau Audit, jadi Lakukan Pemeriksaan sebelum anda Mengoperasikannya dan tuliskan segera pada Lembar Form yang telah disediakan …..   

LOGO & ICON

LOGO & ICON

Informasi Safety

Tetaplah bekerja dengan aman, seseorang yang Anda cintai telah menunggu Anda di rumah.

Informasi Health

Istirahat ketika Anda lelah. Menyegarkan dan memperbaharui diri, tubuh, pikiran, dan semangat Anda. Lalu kembali bekerja.

Informasi Enviro

Hanya ketika pohon terakhir telah mati dan sungai terakhir telah teracuni dan ikan terakhir telah tertangkap akan kita menyadari bahwa kita tidak bisa makan uang.

Arsip Bulanan