SELAMAT DATANG DI BLOG SHE PT. JHONLIN AGRO MANDIRI !!! SAYA PILIH SELAMAT !!!
Home » » GIZI KERJA

GIZI KERJA




Salah satu pendukung produktivitas tenaga kerja adalah faktor kesehatan, selain faktor keselamatan kerja dan faktor faktor yang lain. Jika kesehatan kerja karyawan menurun maka produktivitasnya juga akan menurun sebab karyawan akan banyak meninggalkan pekerjaan karena harus istirahat sakit atau harus menjalani perawatan. Tentu hal seperti itu sangat tidak diharapkan baik oleh karyawan ataupun oleh perusahaan, bagi perusahaan jelas akan mengalami kerugian apabila produktivitas karyawannya rendah maka produktivitas perusahaan  juga akan menurun, sedang bagi karyawan yang produktivitasnya rendah tentu penghasilan atau pendapatanya juga menurun, sehingga kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup juga akan berkurang dan keluarga akan merasakan dampaknya ……..

Salah satu faktor yang menyebabkan kesehatan tenaga kerja menurun adalah gizi kerja yang buruk. Gizi kerja adalah nutrisi / zat makanan yang dibutuhkan oleh tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan jenis pekerjaan. Gizi kerja yang buruk selain menyebabkan daya tahan tubuh turun sehingga sakit juga akan meyebabkan daya kerja fisik turun sehingga prestasi kerjanya rendah.

Gizi kerja yang baik bukanlah jumlah makanan yang banyak dan mahal tetapi gizi kerja yang baik adalah terpenuhinya unsur – unsur pemberi kalori, pengatur serta pembangun secara seimbang atau terpenuhinya kalori intake  ( kalori masukan ) secara seimbang yang terdiri dari :
-          Zat pemberi kalori : karbohidrat, lemak, protein.
-          Zat pembangun     : Protein , lemak, mineral, air.
-          Zat pengatur          : Protein, mineral, air, vitamin

Sedangkan yang disebut menu seimbang adalah Karbohidrat : 60 – 70 % total kalori, lemak : 20 % total kalori, Protein : 10 – 15 % total kalori.
Berdasarkan proporsi kegiatan yang dilakukan sesorang perhari maka pekerjaan dapat digolongkan menjadi 3 yaitu :
-          Kerja Ringan misalnya Bagian Administrasi, membutuhkan kalori untuk kerja sebesar 2/5 total kalori sehari yaitu : 2/5 X 2380 = 952 K Kalori.
-          Kerja Sedang misalnya carpenter, cleaning service, membutuhkan kalori  untuk kerja sebesar 2/5 total kalori sehari yaitu : 2/5 X 2650 = 1060 K Kalori.
-          Kerja Berat misalnya Operator, Mechanick membutuhkan kalori untuk bekerja sebesar 2/5 total kalori sehari yaitu : 2/5 X 3400 = 1360 K kalori
Penyusunan menu makanan yang baik akan mempengaruhi nilai gizi dan pemenuhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.
Ingat Kesehatan itu mahal harganya penuhi gizi yang baik, istirahat dan berolahraga secara teratur akan mendukung kesehatan anda.  

LOGO & ICON

LOGO & ICON

Informasi Safety

Tetaplah bekerja dengan aman, seseorang yang Anda cintai telah menunggu Anda di rumah.

Informasi Health

Istirahat ketika Anda lelah. Menyegarkan dan memperbaharui diri, tubuh, pikiran, dan semangat Anda. Lalu kembali bekerja.

Informasi Enviro

Hanya ketika pohon terakhir telah mati dan sungai terakhir telah teracuni dan ikan terakhir telah tertangkap akan kita menyadari bahwa kita tidak bisa makan uang.

Arsip Bulanan